google-site-verification=p9waA6SFkq9UQSm_fFU7Q4eukKLUVH_NU1ZOB8r1AFE Tumbuh Kembang Anak, Bagaimana Cara Mengatasi Anak Speech Delay - Mas khamad

Tumbuh Kembang Anak, Bagaimana Cara Mengatasi Anak Speech Delay

Mengenal Speech Delay pada anak sendiri perkenalkan nama saya shafya aufa H umur saya saat ini 3 tahun.

Seorang anak bisa dikatakan mengalami speech delay ketika mereka belum bisa berbicara hingga menginjak usia dua tahun termasuk saya sendiri.

Kenapa anak saya umur 2-3 tahun belum bisa bicara?

di sini saya akan lebih berbicara keseharian saya bersama orang tua saya.

Apa sih yang menjadi penyebab anak pada umumnya susah bicara. anak terlambat bicara dapat disebabkan oleh banyak faktor,
seperti faktor kelainan perkembangan bicara, gangguan pendengaran, disabilitas intelektual ataupun karena minimnya komunikasi dari orangtua.

Itu sebabnya, anak butuh dukungan dan stimulasi dari para orangtua untuk mendukung tumbuh kembangnya.

padahal hal untuk mengajak bermain dan interaksi saya sebagai orang tua sudah melakukan atau menajak komunikasi secara dua arah.

sampai sampai di bilang cerewet kepada anak sendiri.

lantas apa yang harus aku perbuat.

Saat Ini Saya Ikut Terapi Anak Terlambat Bicara Di RS Hernina Semarang

Aufa saya ikutkan pembelajaran di Klinik tumbuh kembang di RSU Hermina Pandanaran Semarang, memberikan aktifitas ufa melalui layanan terapi padanya.

Terapi yang Ufa dapat saat ini Okupasi Terapi dan Terapi Wicara

Apa sih itu Okupasi Terapi? 
kesehatan yang memberikan layanan terapi  pada anak saya yang mengalami gangguan pada kemampuan motorik,
kognitif dan mentalnya
guna mengembangkan kemampuan fungsional dan kemandiriannya pada kemampuan belajar, bermain, dan aktifitas
supaya bisa bantu diri ufa dengan memberikan aktifitas yang terapeutik dan bermakna.
tahap pelajaran okupasi di hermina saya pertama di pegang sama mbk mega
terus ke dua saya di limpahkan di terapi lain namanya mbk ade,
karena mbk mega mau cuti lahiran, kurang lebih saya di ajak main sama mbk ade kurleb satu bulan
terus ada pandemi corona saya dan orang tua memutuskan untuk libur dulu nunggu keadaan agak setabil.

terus saya di WA sama mbk mega kapan aufa bisa ikut terapi lagi kapan,
kami putuskan setelah lebaran 2020 untuk melanjutkan terapi lagi di RS pandanaran bersama mbk mega.

Tidak selang beberapa hari terapi sama mbk mega
dia tiba2 mau keluar kerja

karna hal

dia juga punya anak kecil yang barusan di lahirkannya.
dan saat ini di limpahkan ke terapi baru namanya mas Lingar.

Pendekatan yang digunakan Okupasi Terapis
Teori Sensori Integrasi, Pendekatan Modifikasi Perilaku, Terapi Bermain, Kognitif Training.

Apa Itu Terapi Wicara
kesehatan yang memberikan layanan terapi pada anak yang mengalami ganguan bahasa dan bicara sehingga dapat berkomunikasi secara optimal sesuai dengan umur perkembangannya.
untuk pelajaran wicara saya di pegang pertama
1 bulan sama mas topan terus dia pindah tempat di solo
setelah itu di pegang mbk lilis

Pendekatan digunakan Terapis Wicara 
Metode AVT untuk kasus gangguan pendengaran, Multisensori Approach untuk meningkatkan kemampuan artikulasi, dan Pendekatan Modifikasi Perilaku.

Untuk Fisioterapi Khusus Tumbuh Kembang? kesehatan yang memberikan layanan terapi pada anak yang mengalami gangguan motorik gerak guna mengembangkan kemampuan fungsi gerak secara optimal pada sistem gerak tubuh anak (otot, sendi dan tulang).

Pendekatan terapi Metode Bobath dan Neuro Developmental Theori.

Diatas itu secara garis kecil yang saya tau..


Keseharian Anak Saya Ngapain Aja
Selasa 7 juli 2020
Ini jadwal ufa terapi jam 7.15 pagi.
Sebelum berangkat terapi biasaynya saya ambil nomor antrian BPJS untuk pendaftaran nanti jam 7.

Biasa saya ambil nomor antrian dini hari sekitar jam 4.20 an atau sekitar setelah sholat subuh.

Saya terus cepat bergegas statser motor untuk ambil antrian BPJS di Hermina.
Karena jika tidak ambil nomor pagi nanti akan mendapatkan nomor yang banyak
Mungkin no 60 - 70 an.

Daripada saya habis terapi harus antri.
Mending saya mengalah ambil tiket antrian pagi gitu.

Kenapa saya ambil jalur gitu

Karena ufa belum bisa di ajak jalan sendiri
Dalam arti jika ufa saya suruh jalan sendiri pasti langsung lari entah kemana nanti.

Anak saya BB (berat badan) 13kg
Tau sendiri jika harus nunggu berjam jam cuman antian giliran pangilan.

Kan lebih baik saya ambil antrian dulu.
Walaupun saya harus kembali lagi ke RS tetapi setidaknya tidak terlalu lama di rumah sakit.

Apalagi saat ini ada wabah korona

Untuk berangakt terapi di RS bisanya saya di teman i ayah dan ibu q.

Karena ayahku harus siaga mengendong aku
Sedangkan ibuku harus antri pangilan pendaftaran..
Biasanya tidak lama
Soalnya kan dinihari sudah ambil dulu.

Jadi jika sudah pegang antrian
Durasi nunggu antrian paling 10 menet selesai
Terus mama saya bisa naik di ruang terapi untuk menyusul ayah saya yang sudah mengantarku lebih dulu.

Sesi terapi berapa jam..
1 jam = 45 menit terapi dan ada sesi yang di perbicangkan perkembangan anak ke orang tua 15 menit.
Tetapi biasanya 5-7 menit itu sudah selesai.

Habis selesai terapi saya langsung di bopong ayahku menuju lift belakang.
Biasanya saya mendesak desak badan ayahku untuk memencet tombol lift..
Dulu saya tidak tau itu tombol apa?
Ayahku awalnya juga tidak mengetahuinya jika
Saya tau jika sudah di depan pintu lift harus di pencet supaya saya bisa masuk.

Tetapi saya belum tau maksud yang saya pencet itu untuk apa

Saya pun bergegas untuk cepat naik motor
Untuk menuju rumah
Saya biasanya naik di depan
Pengamanan perlengkapan kendaraan pun segera saya pakai..

Saya belum bisa memakai sendiri
Biasanya yang di pakai kan saya
Seperti :
Helm
Kacamata
Masker karna musim korona

Jalan pulang dari RS hermia ke Sendangguwo
Jalur yang sering di lewati ayahku..
Jalan pandanaran menuju lapangan simpanglima
Tetapi di perempatan pandanaran ayah belok kiri ke jalan pekunden terus belok kanan..
Dah dari situ lurus terus sampai jalan kartini bertemu lampu merah belok kanan
Tepatnya jl.Dr Cipto sampai bertemu lampu merah lagi belok kiri
Lewat jembatan TI kala itu masih lurus ke arah timur ketemu perempatan belok kanan ke arah jalan lamper
Dah sampai situ sudah dekat rumah
Tingal belok kanan sudah masuk wilayah mrican pasar kapling dah situlah zona rumah saya.
Tepatnya saya masih bertempat di rumah uti saya.

Sampai rumah saya langsung lepas baju
Untuk bergegas mandi
Ganti baju

Saat ini saya makan masi kurang berselera
Entah kenapa
Seringnya ngemil aja

Mamahku biasanya mbikin makanan cemilan
Seperti kentang goreng
Roti kering
Jagung rebus dan lainya

Ini salah satunya my jely agar agar buatan mamah saya...
ehh enak biasanya saya bisa habis 3 kap sekali makan.

biasa mandi jam 4 sore
Waktu tidur 2 kali

Rincian Aktifitas Anak
Bangun pagi jam 5
Makan nasi 3 sendok
Ngemil setik micin
Tidur siang jam 10 sampai jam 12
Makan siang sama nasi telur ayam yang di rebus
Mainan rubik angka
Mandi sore jam 4
Makan sore di dalam mobil.. olive chiken
Wisata kecil di waduk undip
Tidur jam 7 malam.

Itulah aktivitas hari ini.





Belum ada Komentar untuk "Tumbuh Kembang Anak, Bagaimana Cara Mengatasi Anak Speech Delay"

Posting Komentar

Label

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel